Senin, 18 Mei 2009

Kreatifitas Dalam Ekonomi

Setelah mempelajari berbagai macam teori tentang ekonomi, sekarang kita akan mempelajari berbagai macam bentuk kreatifitas dan inovasi dalam ekonomi. Kegiatan ekonomi terus berlangsung karena kebutuhan manusia tidak pernah ada batasnya, sementara alat dan faktor produksi sangat terbatas keberadaannya. Kondisi seperti ini pada akhirnya menuntut manusia untuk terus melakukan berbagai macam inovasi dan kreatifitas dalam melakukan kegiatan ekonomi, khususnya dalam produksi dan distribusi.

Dalam produksi, seorang pengusaha dituntut untuk mempergunakan secara maksimal semua faktor produksi yang ada untuk menghasilkan barang atau jasa yang mampu memenuhi kebutuhan manusia. Pada masa sekarang, kebutuhan manusia tidak saja semakin beraneka ragam tapi juga sangat bervariasi ditinjau dari segi selera. Manusia tidak saja memakai barang karena fungsinya semata, namun juga memperhitungkan bentuk, warna maupun rasa.

Dalam distribusi, seorang pedagang atau distributor dituntut untuk mampu menarik konsumen agar mau membeli dan mempergunakan produk yang dihasilkan dan dijual. Dengan semakin banyaknya kebutuhan dan selera masyarakat, maka distributor harus mampu cepat membaca keinginan pasar akan barang atau produk yang sangat digemari oleh masyarakat, sehingga distributor dapat memperoleh laba yang lebih besar dari kegiatannya.

Pengertian Kreatiftas

Pengertian kreatifitas sangat banyak dikemukakan oleh para ahli dan tidak sedikit menimbulkan perbedaan pendapat dan pandangan. Hal itu sangat berkaitan dengan penekanan pendefinisian dan tergantung dari teori yang emnjadi acuannya.

Secara garis besar pengertian kreatifitas adalah :

Menurut Guilford mengemukakan pengertian kreatifitas dapat dilihat dari lima ciri, yaitu :

  1. Kelancaran (Fluency), yaitu kemampuan untuk memproduksi banyak gagasan
  2. Keluwesan (flexibility), yaitu kemampuan untuk mengajukan bermacam-macam pendekatan atau jalan pemecahan masalah
  3. Keaslian (originality), yaitu kemampuan untuk melahirkan gagasan asli sebagai hasil pemikiran sendiri dan tidak klise
  4. Penguraian (elaboration), yaitu kemampuan menguraikan sesuatu secara terperinci
  5. Perumusan kembali (redefinitaion), yaitu kemampuan untuk mengkaji kembali sesuatu persoalan melalui cara yang berbeda dengan apa yang sudah lazim.

Conny R. Semiawan mengemukakan pengertian keatifitas sebagai kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah

Utami Munandar mengemukakan bahwa kreatifitas adalah kemampuan mengkombinasi, memecahkan masalah dan cermianan kemampuan operasional manusia.

Pada intinya pengertian kreatifitas dapat kita simpulkan sebagai kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk sikap, karya maupun kombinasi dalam hal-hal yang sudah ada, yang semuanya relatif berbeda dengan apa yang sudah ada. (Kreatifitas, Reni Akbar Hawadi/Grasindo).

Pentingnya Kreatifitas Dalam Kegiatan Ekonomi

Dari uraian diatas dapat kita tarik beberapa manfaat dari kreatifitas bagi kegiatan ekonomi, diantaranya ialah :

Dengan kreatifitas, maka manusia dapat menyelesaikan suatu masalah dengan berbagai macam cara. Dengan kreatifitas pula manusia dapat menunjukkan hasil perbuatan, kinerja atau karya baik dalam bentuk barang naupun gagasan yang lebih bermakna bagi kehidupan manusia.

Dengan kreatifitas, manusia dapat menimbulkan kepuasan yang tak terhingga. Misalnya seseorang dapat menemukan suatu alat yang berguna bagi petani untuk memanen padi sehingga padi yang tercecer enjadi lebih sedikit, maka orang tersebut mendapatkan kepuasan karena telah mempu menolong orang lain.

Seorang pelaku ekonomi yang kreatif dapat lebih mampu bertahan dari persaingan usaha yang semakin ketat. Hal itu terjadi karena pelaku ekonomi tidak hanya mampu meniru bentuk atau barang yang sudah ada, namun mampu juga membaca perkembangan selera di masyarakat dan mampu memenuhinya dengan sikap kreatifitasnya.

imamwibawamukti@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beritahukan bahwa kalian telah melihat materi ini...
penting untuk menjadi nilau tugas ya.....!